Beranda Zakat Dalil Zakat Perhiasan Emas

Dalil Zakat Perhiasan Emas

557
0

Mohon keterangan dalil terkait bahwa zakat perhiasan emas adalah 2 ½ persen ?

Perhiasan emas merupakan salah satu dari harta yang wajib dizakati, adapun jumlah zakatnya adalah 2 ½ persen berdasarkan hadis berikut :

عَن ابْنِ عُمَرَ وَعَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْخُذُ مِنْ كُلِّ عِشْرِينَ دِينَارًا فَصَاعِدًا نِصْفَ دِينَارٍ وَمِنْ الْأَرْبَعِينَ دِينَارًا دِينَارًا

dari Ibnu Umar dan Aisyah berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengambil zakat dari setiap dua puluh dinar lebih sebanyak setengah dinar, dan dari empat puluh dinar sebanyak satu dinar (HR. Ibn Majah No 1781)

dinar pada waktu itu merupakan mata uang yang terbuat dari emas. Ketentuan zakatnya dalam hadis diatas yaitu 20 dinar zakatnya ½ dinar sedangkan 40 dinar zakatnya 1 dinar jika dikalkulasikan maka zakatnya 2 ½ persen. Zakat perhiasan ini hanya dikeluarkan satu kali saja sebelum dipakai, tidak ada nishab dan haul. Zakat perhiasan ini bukan hanya berlaku pada emas, tapi juga perak berdasarkan firman Allah

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

 Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih (at-Taubah : 34)

Adapun untuk emas sebagai simpanan dan tidak digunakan sebagai perhiasan, maka berlaku nishab yaitu 90 gram emas dan haul yaitu selama satu tahun hijriyah penuh. Dengan demikian emas yang disimpan namun kurang dari 20 dinar atau 90 gram, maka tidak dikenai kewajiban zakat.