Beranda Muamalah Larangan berambut panjang di sekolah

Larangan berambut panjang di sekolah

693
0

Gaya rambut Qaza banyak dibolehkan disekolah. Nah saya pernah dengar nih Nabi Muhammad, rambutnya sebahu, nah, kenapa disekolah rambut sebahu ga boleh ya?


Tentang larangan Qaza dalilnya berdasarkan hadis dari Abdullah bin Umar sebagai berikut :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْقَزَعِ. قَالَ قُلْتُ لِنَافِعٍ وَمَا الْقَزَعُ قَالَ يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصَّبِىِّ وَيُتْرَكُ بَعْضٌ.

‘Umar bin Nafi’ dari Bapaknya dari Ibnu ‘Umar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang melakukan qaza’. Aku bertanya kepada Nafi’; ‘Apa itu qaza’? ‘ Nafi’ menjawab; ‘Mencukur (habis) sebagian rambut kepala anak dan membiarkannya sebagian yang lain (HR Muslim, Sahih Muslim, 6/164)

Larangan tersebut berhukum makruh tanzih, karena terkait dengan petunjuk dan Pendidikan rasul dalam masalah adab Islam. Sudah selayaknya sekolah-sekolah muslim menerapkan adab tersebut kepada generasi muda Islam.

Adapun terkait dengan rambut rasulullah saw, hal tersebut bagian dari perbuatan rasul sebagai basyar atau manusia yang bersifat adat atau tidak terlepas dari adat, bukan bagian dari pebuatan tasyriiyyah atau yang didalamnya terkandung syariat. Selama tidak ada dalil khusus yang mensyariatkannya, maka hukumnya mubah sesuai dengan hukum asal dalam bab muamalah. Karena sifatnya mubah maka tidak berpahala, tidak pula berdosa baik jika diikuti, ataupun ditinggalkan.

Adat tiap daerah tentu berbeda, adakalanya daerah tertentu menganggap kurang sopan bagi anak sekolah berambut Panjang, adakalanya menganggap hal yang lumrah. Peraturan sekolah yang melarang peserta didiknya untuk tidak berambut Panjang itu bisa jadi dasarnya dari adat kebiasaan atau kearifan local setempat, hal tersebut diperbolehkan karena tidak bertentangan dengan syariat.