Beranda Fikih Makan minum sebelum salat id

Makan minum sebelum salat id

267
0

Apakah disunnahkan untuk tidak makan sebelum berangkat ke mushala atau lapangan pada hari raya ied ?

Salah satu Sunnah Rasulullah Saw Ketika hari raya ideul fitri adalah makan terlebih dahulu sebelum berangkat salat ke lapangan atau mushalla berdasarkan reportase dari sahabat Anas bin Malik ra , beliau berkata :

كانَ رسُولُ الله صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم لاَ يَغْدُو يوْمَ الفِطْر حَتَّى يَأْكُلَ تَمَراتٍ

Dari Anas, ia berkata, ”Rasulullah saw. tidak berangkat salat pada hari iedul fithri sampai beliau makan beberapa buah kurma.” (HR. Al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, 1/325)

Berbeda dengan hari raya idul adha, pada hari tersebut berkebalikan dengan idul fitri, yaitu disunnahkan untuk tidak makan terlebih dahulu sehingga Kembali atau pulang dari salat Ied. sebagaimana reportase Buraidah ra terhadap perbuatan Nabi Saw, beliau berkata :

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَغْدُوْ يَوْمَ الفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ

Dari Buraidah Ra, ia berkata, “Rasulullah saw. tidak berangkat menuju mushala pada hari fitri sehingga makan terlebih dahulu, dan beliau tidak makan terlebih dahulu untuk idul adha sehingga kembali.” HR. Ibnu Majah (Sunan Ibnu Majah, 1/558) dan At-Tirmidzi (Sunan At-Tirmidzi, 2/426)

Kedua hadis diatas secara manthuq (tersurat) manunjukan hanya makan saja, namun secara mafhum muwafaqah (tersirat), bukan hanya makan tetapi termasuk minum juga di dalamnya.

Dengan demikian kesimpulannya, disunahkan pada hari raya idul fitri untuk makan/minum terlebih dahulu sebelum berangkat ke lapangan untuk salat ied, sebaliknya pada hari raya Idul Adha, disunnahkan untuk tidak makan/minum terlebih dahulu, sehingga pulang setelah melaksanakan salat ied di lapangan atau mushalla.

Ginanjar Nugraha